Selasa, 02 Juni 2015

Resep Cake Kukus Lembut

Resep Cake Kukus Lembut | Alhamdulillah akhirnya berhasil jua saya menaklukkan cake kukus tanpa telor. Resep ini ialah milik Dayang Jack. Tetapi telah tersebar luas di blog teman-teman Malaysia. Kemarin ketika saya buka linknya, ternyata tidak ada. Sepertinya telah ditutup oleh pemiliknya. Akhirnya saya menggunakan resep dari Secubit Garam.

Ini keempat kalinya saya membikin kue ini. Percobaan kesatu hingga ketiga sukses bantat. Awalnya saya tidak tau kesalahan saya dimana sebab resep ini saya ikuti dengan hati-hati. Percobaan kesatu gagal, saya cuek aja dan juga berpikir belum beruntung. Ntar yg lain waktu dicoba lagi. Percobaan ke-2 gagal kembali. Mulai deh cita rasanya terusik, sebab cake ini gampang banget bikinnya. Dulu pernah bikin cake tanpa telor tetapi dioven, langsung sukses tanpa bantat-bantatan segala. Percobaan ketiga, lha kok bantat lagi! Sempat bingung dan juga agak sebel menatap hasil kuenya. Mana diledek hubby lagi. Katanya jago bikin kue kok bantat mulu. Waaaa.... panaaaaaassss cita rasanya. Mulai deh berpikir dan juga menyelidiki kesalahan yang saya kerjakan. Sesudah saya baca resepnya, saya memperkirakan kesalahan ada kepada takaran cairannya. Di resep cake kukus disebutkan menggunakan cawan (cup) dan juga saya setarakan dengan 250ml / cup. Adonan yang dihasilkan memang encer satu kali. Dan juga kemarin takaran cairan saya kurangi dari 250 ml men-jadi 200 ml saja. Hasilnya, sukses.... Memang iya, kalo baca resep yang menggunakan ukuran cup/cawan terkadang bikin senewen (takut gagal) sebab ukuran cup tiap negara dapat berlainan. Dengan cup yang sama pun kalau dikonversikan menuju gram dapat berlainan angkanya.


Resep kue ini menggunakan pengembang yang agak banyak sebab tidak menggunakan telor. Sempat agak takut menggunakan pengembang yang rada banyak menurut ukuran saya. Akhirnya saya siasati untuk menggunakan baking powder double acting agar irit bahan pengembang. Soda kuepun saya kurangi setengahnya. Kue yang dihasilkan tetap spongy, lembab dan juga legit. Makan kue inipun tidak saya kunyah. Sesudah digigit langsung diemut aja, hmmmm.... terasa legitnya.... Apalagi kalau telah menginap semalam hendak terasa lebih moist dan juga sedap.

Bahan-Bahan Cake Kukus:
  • 75 gr coklat bubuk warna gelap
  • 150 gr gula palem
  • 100 ml susu kental manis putih/coklat
  • 350 ml susu cair
  • 100 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • secubit garam
  • 125 gr tepung terigu
  • dua sdt baking powder (saya pake satu sdt BP Double Acting)
  • satu sdt soda kue (saya pake 1/2 sdt soda kue)
  • satu sdm air cuka/air buah jeruk nipis/lemon
Cara Membikin Cake Kukus:
  1. Dalam satu buah panci campur jadi satu coklat bubuk, gula palem, susu kental manis, susu cair, minyak goreng, vanili dan juga garam. Rebus menggunakan api kecil hingga gula larut, tidak butuh mendidih, asal gula telah larut telah lumayan. Matikan api dan juga biarkan hangat/suam kuku.
  2. Panaskan kukusan hingga airnya mendidih. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm, alasi kertas roti dan juga olesi minyak goreng. Sisihkan.
  3. Dalam satu buah baskom ayak terigu, baking powder dan juga soda kue hingga rata.
  4. Tuangi larutan coklat hangat seraya diaduk menggunakan whisker hingga rata dan juga licin. Adonan tidak boleh hingga berbutir-butir iya. Hasilnya adonan yang agak encer.
  5. Masukkan cuka/air buah jeruk nipis. Adonan hendak berbuih. Aduk cepat hingga rata.
  6. Selagi berbuih, tuang menuju dalam loyang. Kukus menggunakan api tengah selama 45-60 menit. Tutup loyang menggunakan alumunium foil ataupun alasi kukusan dengan serbet agar tidak ketetesan uap air. Sesudah matang, matikan apinya dan juga biarkan kue didalam loyang selama sepuluh menit. Keluarkan dari loyang dan juga dinginkan. Potong kue dan juga sajikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cake Kukus Lembut